Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengetahui Atau Melihat IP Address Komputer

Untuk dapat mengetahui alamat IP ( IP address ) Komputer yang di gunakan sendiri itu cukup penting. contohnya, semua komputer di kantor terkoneksi ke internet melalui wireless network router pada suatu ketika pimpinan meminta salah satu karyawan untuk melakukan streaming merekam acara penting yang melibatkan perusahaan, karena si bandwidth nya terbatas maka dari beberapa koneksi komputer ke internet perlu di putus sementara waktu untuk meningkatkan bandwidth.

Jadi untuk menghindari terputusnya koneksi komputer yang tidak di inginkan, maka masing masing karyawan diminta memberikan alamat IP Komputer yang digunakan untuk diputus oleh si administrator jaringan. Kalau karyawan yang latar belakang nya IT sih gak masalah untuk mengetahui alamat IP di komputer mungkin tidak ada kesulitan, Namun akan berbeda bagi karyawan yang tidak memiliki latar belakang IT .

Nah apabila anda adalah salah satu karyawan yang tidak berlatar belakang IT dan memang tidak tahu caranya untuk melihat alamat IP komputer yang anda gunakan, anda tidak usah khawatir Karena untuk melihat alamat IP di komputer tidaklah sulit.

Baiklah berikut ini adalah Dua cara untuk melihat atau mengetahui alamat IP ( address ) di komputer

1. Melalui Command Prompt

Tekan kombinasi tombol keyboard Win ( Tombol Dengan Logo Windows ) + R secara serentak untuk membuka kotak dialog Run, kemudian ketikan cmd atau cmd.exe di kotak teks berlabel open kemudian Klik tombol Ok



Kemudian di jendela command prompt yang muncul ketikkan ipconfig dan lanjutkan tekan tombol Enter pada keyboard


Di bagian Ethernet adapter Local Area Connection, di baris IPv4 Address, anda dapat melihat alamat IP komputer yang sedang anda gunakan ( 40.40.40.252 ).

2. Melalui Network and Sharing Center.

Di area notifikasi yang ada di sebelah kanan Taskbar, klik tombol dengan ikon wifi atau ikon dekstop. disini admin menggunakan jaringan Lan ya jadi tidak ada ikon wifi. Pilih Open Network and Sharing Center

Di jendela Network and sharing center yang tampil, Klik Local Area Connection yang ada di bagian View your active networks.


Di kotak dialog Local Area Connetion yang muncul, klik Details...


Di kotak dialog Local Area Connection Details yang muncul, anda dapat melihat kembali alamat IP Komputer yang sama ( 40.40.40.252 ) di baris IPv4 Address.


Demikianlah 2 cara untuk mengetahui alamat IP komputer anda.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengetahui Atau Melihat IP Address Komputer"

|