Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Chipset? Berikut Ini Adalah Ulasan Tentang CHIPSET Pada Handphone Anda

Bagi anda yang menekuni pekerjaan di bidang perangkat elektronik seperti komputer, Smartphone dan perangkat lainnya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Chipset, Namun bagi yang awam kata Chipset itu Apa ya?
Baiklah pada artikel kali ini admin akan menjelaskan atau memberi sedikit ulasan tentang Chipset.


Pada saat anda akan membeli smartphone atau perangkat elektronik lainnya, salah satu hal yang perlu harus diperhatikan ialah jenis si Chipset yang digunakan oleh perangkat itu sendiri, Akan tetapi apakah anda tahu apa itu Chipset?

Sebagai gambaran, perkembangan teknologi berkembang dengan begitu  pesat. saat ini banyak perangkat baru yang telah hadir membawa jenis chipset yang tentu saja berbeda-beda. Ada yang hadir dengan menggunakan chipset yang dikembangkan oleh Spredtrum, Qualcomm,  Intel, MediaTek, Huawei, dan lainnya.

Bahkan dari masing-masing pengembang, anda akan menemukan tipe Chpset yang sangat beragam, yang pastinya menawarkan kemampuan yang sangat berbeda termasuk di antaranya dari mulai dukungan piranti keras dan sensor, hingga kecepatan serta fitur lainnya.

Jadi bisa disimpulkan secara garis besarnya, Chipset pada ponsel identik seperti  CPU [ Central Processing Unit ] di komputer yang bertugas sebagai otaknya.  Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.



Apa Sih Chipset Itu?

Jadi secara kesimpulan, Chipset adalah sebuah bagian yang ada di dalam perangkat elektronik, seperti komputer, di istilahkannya yang bertugas seperti polisi lalu lintas bertugas mengatur alur data dan menentukan piranti apa yang harus di kerjakan.
Tetapi secara khusus, Chipset di smartphone merujuk pada System on Chip (SoC), yaitu sebuah sirkuit terpadu yang mengintegrasikan hampir seluruh piranti keras yang digunakan pada perangkat elektronik, dari mulai CPUGPU (Graphics Processing Unit) modem, ISP(Image Signal Processor), Sensor dan juga lainnya.

Jadi pada dasarnya,Chipset di komputer ini hanya bertugas untuk mengontrol memori, GPU, CPU, dan suara, di perangkat smartphone  memiliki tugas yang lebih kompleks, beserta tambahan seperti mengelola USB, konektivitas, baterai, sensor, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.



Bagaimanakah Cara Untuk Memilih Chipset?

Sama seperti halnya memilih CPU pada perangkat komputer, bukan masalah merek ataupun si perusahaan pengembangnya yang harus diperhatikan disaat memilih Chipset, akan tetapi beberapa hal seperti jumlah inti [core], kecepatan inti, arsitektur dan manufaktur yang digunakannya.

Jadi teorinya,, semakin banyak inti yang digunakan maka chipset bisa bekerja dengan lebih ringan lagi. Hal ini juga mirip seperti dalam pekerjaan, jika dibagi atau di atur ke banyak orang maka akan lebih ringan dan lebih cepat diselesaikan.

Tapi harus diperhatikan, hal ini juga tergantung pada kecepatan yang dimiliki masing-masing inti. Semakin besar nilai kecepatan yang dituliskan dalam GHz, maka semakin cepat pula inti tersebut dalam menyelesaikan setiap tugas-tugasnya.

Selain dari itu, kinerja  chipset ini dipengaruhi oleh arsitektur dan proses manufaktur yang digunakan. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan mengolah tugas dan efisiensi juga daya yang digunakannya.

Semakin padat arsitekturnya atau rapat (lebih kecil) manufakturnya, biasanya chipset ini akan memberikan kinerja yang lebih mumpuni, Tapi  menawarkan efisiensi daya yang lebih bagus alias lebih hemat daya.

Oke itulah beberapa paparan/penjelasan tentang Apa Itu Chipset?

Apabila ada yang mau ditanyakan silahkan tulis komentar di bawah.

Post a Comment for "Apa Itu Chipset? Berikut Ini Adalah Ulasan Tentang CHIPSET Pada Handphone Anda"

|