Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Fungsi RAM Di Smartphone [ HP ]


Berada di era globalisasi seperti saat ini, di mana perkembangan teknologi dan jaringan bertumbuh dengan begitu  pesat. Dan mungkin anda adalah salah satu yang tak lepas dari pekembangan teknologi terutama  di gadget ataupun Hp/smartphone.
Karena dengan mnegikuti perkembangan yang sangat cepat, tentu saja membuat para produsen smartphone berlomba-lomba untuk mendapatkan konsumen dengan kualitas dan fasilitas yang ditawarkannya. Banyak ragam Smartphone yang canggih mulai ditawarkan, dari mulai kualitas kamera yang mumpuni bagi yang gemar selfie, Prosesor/Chipset yang sangat  cepat hingga kapasitas RAM ( Random Access Memory ). Bahkan juga ada smartphone memiliki RAM yang menyaingi ukuran RAM pada laptop.
Nah.. dari kapsitas RAM yang begitu besar itu, sebenarnya buat apa sih.? Dan kenapa Hp harus memerlukan RAM  yang begitu besar? Dan sebenarnya apa fungsi RAM pada Hp? Berikut adalah penjelasan tentang RAM.

Pengertian RAM

Random Access Memory  atau memori akses acak atau lebih dikenal dengan kata RAM  ini merupakan suatu tipe penyimpanan komputer yang isinya bisa diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data dalam memori tersebut.
RAM ini juga biasa digunakan untuk penyimpanan primer atau sebagai memori utama di dalam komputer.  walaupun digunakan sebagai penyimpanan primer, akan tetapi ada beberapa jenis RAM digunakan sebagai penyimpanan sekunder dalam jangka yang panjang.

RAM ini juga memiliki dua tipe yang cukup dikenal, yaitu RAM Statis (SRAM) dan juga ada RAM Dinamis (DRAM). Untuk tipe SRAM, tipe RAM ini lebih mahal untuk diproduksi, akan tetapi lebih cepat dan hanya membutuhkan sedikit daya daripada DRAM. Dan untuk DRAM itu sendiri hanya menyimpan sedikit data dengan menggunakan transistor dan kapasitor.



Fungsi Dari RAM

Didalam penggunaannya, tidak semua gadget memerlukan RAM dengan kapasitas yang besar,  Keperluan RAM tersebut bisa disesuaikan dengan keperluan anda sebagai pengguna. fungsi dari RAM ini juga sangat penting untuk  hp maupun komputer.

Fungsi RAM tidak dapat dipisahkan dari informasi-informasi yang terdapat pada hp dan komputer anda. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari RAM yang harus kamu tahu sebagai pengguna, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.


1. Membantu menyimpan memory sementara

Fungsi dari RAM yang pertama adalah  sebagai suatu penyimpanan memory sementara. Fungsi RAM ini mampu untuk menyimpan sementara memory dalam sebuah aplikasi atau program yang anda miliki.
Disaat program ini berjalan, maka informasi ini akan disimpan didalam RAM. dan dalam membantu menyimpan informasi pada RAM, dibantu juga dengan adanya CPU untuk memproses sebuah informasi sebelum diteruskan dan disimpan didalam RAM.

2. Membantu Dalam Penggunaan Multitasking


Fungsi dari RAM yang lainnya adalah untuk membantu dan juga mendukung penggunaan multitasking didalam sebuah gadget maupun komputer. Penggunaan multitasking yang dimaksud dalam fungsi dari RAM yang pertama ini adalah dapat mengerjakan ataupun membuka lebih dari 1 aplikasi dalam satu waktu.
Dan juga semakin besarnya RAM yang tersedia, maka semakin lancar juga komputer ataupun hp untuk memproses penggunaan multitasking ini. dan semakin  banyak yang anda kerjakan pada hp anda, bisa kemungkinan hp akan freeze atau hang semakin menipis.

3. Menentukan Spesifikasi

Fungsi dari RAM yang lain adalah sebagai patokan pada spesifikasi suatu teknologi gadget. Dan tentu saja, kapasitas pada bagian RAM ini perlu anda perhitungkan pada saat akan membeli hp/smartphone.
Apabila karena smartphone yang anda gunakan hanya sebagai kebutuhan harian, maka anda tidak perlu memiliki smartphone dengan kapasitas RAM yang besar.
Tetapi apabila anda hobi dengan game di smartphone, maka kemungkinan anda harus membeli smartphone dengan kapasitas RAM yang besar. Karena hal ini bisa berpengaruh juga pada kualitas game yang akan anda dapatkan.


4. Memiliki Fungsi Vital Dalam Gaming Dan Juga Design

Di sebuah game pada smartphone atau komputer tentu perlu RAM yang lumayan besar untuk penyimpanan juga  pengoperasiannya. Apalagi jika anda sangat  menyukai game dengan design 3D. Tentunya anda memerlukan RAM dengan kapasitas yang besar.
Dengan memiliki smartphone game dengan kapasitas RAM yang besar, maka anda akan merasakan perbedaannya saat bermain game dengan kapsitas RAM yang sedang bahkan kecil. Hal ini pun sangat berpengaruh pada desain permainan/game yang ditampilkan dilayar.
Dan juga mempercepat kinerja proses informasi bukan lagi rahasia umum bila RAM dapat mempercepat kinerja pada gadget yang anda miliki. Semakin besar kapasitas RAM yang anda miliki, maka semakin cepat juga proses kinerja yang didapatkan. dan kecepatan pada sistem operasi juga ditentukan dengan besaran kapasitas pada RAM yang dimiliki.

Nah itulah rangkuman beberapa penjelasan Fungsi Dari RAM.

Post a Comment for "Penjelasan Fungsi RAM Di Smartphone [ HP ]"

|