Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Simpel Membersihkan File Sampah Di Laptop Atau Komputer Secara Permanen



Hallo sobat bloger ku di artikel kali ini saya akan berbagi cara membersihkan file sampah di laptop atau komputer secara permanen dengan cara simpel dan cukup mudah.
Apakah sobat sering menggunakan laptop / komputer, dan pastinya sobat sering  melihat si kapasitas memori  yang ada di folder C sobat terus meningkat. Padahal sobat sendiri jarang memasang  atau menginstal aplikasi baru . tapi mengapa hal tersebut bisa terjadi ?

Karena kemungkinan besar di folder C sudah banyak file-file sampah yang menumpuk. Kenapa file-file sampah ini bisa menumpuk? Hal ini terjadi karena  aktivitas sobat saat menggunakan laptop. Sebagai contohnya ketika sobat mengerjakan sesuatu seperti browsing di internet bermain Game mengerjakan dokumen mendengarkan musik.  Jadi setiap sobat melakukan kegiatan di laptop itu akan menciptakan suatu file sampah. Yang lama kelamaan si file-file sampah itu menumpuk di dalam folder C.

Dampak dari file sampah yang menumpuk tersebut jikalau sobat tidak membersihkanya maka laptop sobat bisa lambat dan serasa berat pokoknya bikin tidak nyaman lagi untuk di gunakan.
Ada beberapa cara agar file-file sampah tersebut bisa di hilangkan dari laptop. Berikut adalah cara caranya


    Memanfaatkan Windows Disk Cleanup


Sobat bisa memanfaatkan Windows Disk Cleanup, memang windows disk cleanup ini dirancang untuk  membersihkan file sampah yang ada di dalam komputer maupun laptop. Sistem ini akan ada saat sobat memasang Sistem Operasi Windows.

Cara untuk melakukannya pun sangatlah mudah. Sobat masuk ke Windows Explorer dan klik kanan pada bagian Drive C. Setelah itu, klik “Properties

Tempatkan kode iklan pada kode HTML artikel yang ingin Anda sisipi dengan iklan. Diperlukan waktu 20-30 menit agar iklan muncul di halaman. Pada awalnya, iklan mungkin tampil sebagai iklan Display biasa, namun akan segera digantikan dengan iklan native. Lihat panduan penerapan kode untuk detail lebih lanjut. Dan lihat tombol “Disk Cleanup” pada tab “General”. Setelah menemukannya klik saja kemudian sistem akan menganailisnya. Setelah proses analisis selesai, maka akan ditampilkan beberapa file yang akan dihapus. Sobat klik saja semua filenya dan klik “OK”. Nanti juga sistem akan menghapus file yang sudah diceklis. Sesudah itu, semua file-file sampah di folder C akan terhapus.



  Dengan memanfaatkan fungsi “Run”

Untuk yang selanjutnya sobat bisa memanfaatkan fungsi“Run”. Dengan cara ini cukup mudah dilakukan karena dapat menghapus berbagai file yang tidak diperlukan seperti file temporary, file cache, file cookies, hingga file history di dalam browser sekalipun.
Langkah langkahnya adalah ketik saja “Windows” dan “R” pada keyboard. Jika berhasil, maka akan muncul kotak yang bernama “Run”. Setelah itu, di dalam kotak pencarian, Tulis saja “%temp%” tekan enter. Kalau berhasil, sobat akan diarahkan ke Windows Explorer yang berisikan  file-file temporary. Langkah selanjutnya adalah sobat tinggal menghapus file-file tersebut. Cara untuk menghapusnya tidak perlu satu-satu, cukup menggunakan kombinasi “CTRL + A” dan tekan “delete”. Maka file akan terhapus semua.
Langkah yang berikutnya adalah kembali ke menu “Run” dan pada kali ini ketiklah “Temp”. Jika berhasil, maka akan muncul seperti tampilan yang sebelumnya. untuk bagian ini pun sama dengan langkah sebelumnya, yakni hapuslah semua file di dalamnya. Jika muncul hak akses administrator, klik saja “Continue”.
Kemudian langkah yang terakhir adalah masuk ke menu “Run” dan ketik “Prefetch” . caranya pun sama seperti langkah-langkah yang sebelumnya. Hapus semua file yang ada di dalam folder “Prefetch”.


  Dengan Menggunakan Ccleaner




Pastinya sobat sudah tidak asing lagi ya dengan Software yang satu ini. Untuk menggunakannya, sobat cukup unduh aplikasinya di internet lalu install di dalam laptop. Setelah diinstal, selanjutnya bukalah softwarenya lalu klik “Analyze”. Tunggu beberapa saat sampai proses analisinya selesai. jika sudah selesai, sobat tinggal klik “Run Cleaner” dan semua file ampah dapat terhapus semuanya. Nah begitulah cukup mudah bukan?

Selain membersihkan file sampah aplikasi, kita juga harus menghapus file yang terdapat di dalam register. File di dalam register ini merupakan file-file yang saat menginstal sebuah game, software, aplikasi di dalam laptop atau komputer. Biasanya file register ini tidak terhapus saat sobat melakukan uninstall aplikasi, game ataupun software.

Untuk cara menghapusnya, Buka software Ccleaner lalu pilih tab “Registry”. Setelah itu, klik saja “Scan for Issues”. Biarkanlah sampai proses analisisnya selesai. kalau sudah, selanjutnya adalah klik “Fix Selected Issues”. Nanti akan muncul pop-up yang menyatakan perlu adanya Backup, klik saja “No”. Nanti akan muncul kembali popup mengenai rincian file-file yang akan dihapus. Klik “Fix Issues” dan plilih “Close”. Dengan begitu file Registrynya akan terhapus secara permanen.

Tempatkan kode iklan pada kode HTML artikel yang ingin Anda sisipi dengan iklan. Diperlukan waktu 20-30 menit agar iklan muncul di halaman. Pada awalnya, iklan mungkin tampil sebagai iklan Display biasa, namun akan segera digantikan dengan iklan native. Lihat panduan penerapan kode untuk detail lebih lanjut.


Baiklah sobat bloger mungkin itu saja artikel yang saya bagikan semoga bermanfaat.

Assallamualaikum...
|