Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan Menggunakan SSD Dibandingkan HDD

ufusofficial.com- HDD adalah (hard disk drive) telah menjadi perangkat penyimpanan yang utama untuk komputer baik itu desktop maupun laptop untuk waktu yang lama. Daya tarik utama adalah kapasitas penyimpanan tinggi dan biaya yang rendah.

Sedangkan SSD (solid-state drive) adalah solusi untuk penyimpanan lain yang menggantikan hard disk drive. seperti yang akan sobat  pelajari dengan membaca perbandingan berikut ini, teknologi dari SSD lebih unggul. namun, karena harga per unit memori, mungkin tidak masuk akal untuk menggunakan SSD di semua kasus untuk sebagian besar pengguna komputer, sebaiknya gunakanlah SSD sebagai drive utama untuk sistem operasi sobat dan program yang paling sering sobat akses. Kemudian, kami sarankan untuk membeli HDD yang kapasitasnya besar baik itu internal maupun eksternal untuk menyimpan file data dokumen, gambar, dan lain-lain.


Waktu akses

SSD ini memiliki kecepatan akses 35 hingga 100 mikrodetik yang hampir 100 kali lebih cepat. kecepatan akses yang cukup cepat ini berarti program dapat berjalan dengan lebih cepat lagi, yang sangat signifikan, terutama untuk program yang sering mengakses data dalam jumlah yang lumayan besar, seperti sistem operasi data yang sobat gunakan.

HDD- Sedangkan HDD sendiri biasa membutuhkan waktu sekitar 5.000 sampai 10.000 mikrodetik untuk mengakses berkas data.

Intinya: SSD menang dalam kategori ini. SSD jauh lebih cepat dan unggul daripada menggunakan HDD.

Harga

SSD - Harga dari solid-state drive lebih tinggi per MB (megabyte) daripada HDD. komputer desktop dengan SSD mungkin juga memiliki satu atau lebih HDD untuk penyimpanan sekunder yang cukup murah.

HDD ini jauh lebih murah daripada SSD, terutama untuk kapasitas Drive di atas 1 TB (terabyte).

Intinya: HDD menang dalam hal kategori ini. meskipun SSD telah turun harganya, HDD akan selalu lebih murah dan terjangkau.

Kehandalan

SSD tidak memiliki bagian yang bergerak sedikitpun. SSD ini menggunakan memori flash untuk menyimpan sebuah data, yang akan memberikan kinerja dan kehandalan yang cukup baik dibandingkan dengan HDD.

HDD memiliki bagian yang bergerak dan plat magnetik, yang berarti semakin sering penggunaanya semakin cepat rusak.

Intinya: SSD memenangkan kategori ini. dengan kurangnya bagian yang bergerak, SSD lebih dapat diandalkan dibandingkan HDD.

Kapasitas

Meskipun ada SSD kapasitas besar, apa pun yang lebih dari 3 TB biasanya di luar kisaran harga kebanyakan.

HDD - Beberapa terabyte hard disk drive tersedia dengan harga yang sangatlah wajar.

Intinya: HDD memenangkan kategori ini. Meskipun sudah ada solusi SSD dengan kapasitas besar, lebih mudah untuk menemukan HDD yang lebih besar dan harga juga lebih terjangkau.

Keuntungan

SSD ini menggunakan lebih sedikit daya arus daripada HDD standar, yang berarti kebutuhan untuk energi lebih rendah dari waktu ke waktu, dan untuk laptop, peningkatan masa pakai baterai juga lebih awet

HDD - Dengan semua bagian yang diperlukan untuk memutar piringan, HDD menggunakan lebih banyak daya daripada SSD.

Intinya: SSD memenangkan di kategori ini.

Kebisingan

SSD - Tanpa bagian yang bergerak, jadi SSD ini tidak menghasilkan suara yang bising.

HDD - Dengan piringan berputar dan juga  kepala baca/tulis yang bergerak, HDD terkadang bisa menjadi salah satu komponen paling keras di komputer sobat sehingga mengeluarkan suara yang lumayan bising.

Intinya: SSD memenangkan kategori ini. SSD tidak mengeluarkan suara sama sekali.

Ukuran fisik

SSD tersedia dalam ukuran 2,5", 1,8", dan ukuran 1,0", meningkatkan ruang yang tersedia di berbagai jenis komputer.

HDD biasanya berukuran 3,5" dan ukuran 2,5" untuk desktop dan laptop, masing-masing, tanpa pilihan untuk yang lebih kecil.

Intinya: SSD memenangkan di kategori ini. SSD secara fisik cukup kecil dari HDD.

Panas

SSD - Karena tidak ada bagian yang bergerak dan sifat dari memori flash, SSD menghasilkan lebih sedikit panas, membantu meningkatkan masa pakai dan keandalannya.

HDD - Dengan adanya bagian yang terus menerus bergerak, ada tambahan panas yang perlahan-lahan dapat merusak elektronik seiring waktu, sehingga semakin tinggi panasnya, semakin besar pula potensi keausan dan kerusakannya.

Intinya: SSD memenangkan di kategori ini. SSD menghasilkan lebih sedikit panas daripada HDD.

Daya tarik

SSD - tidak terpengaruh sama sekali oleh magnet.

HDD - Karena hard drive bergantung kepada magnet untuk menulis informasi ke piringan informasi dapat dihapus dari HDD menggunakan daya magnet yang kuat.

Intinya: Lagi-lagi SSD memenangkan di kategori ini. SSD tidak akan terhapus oleh daya magnet yang kuat.

Oke hanya itu saja yang bisa disampaikan smoga bisa menambah pengetahuan sobat, terima kasih.

Post a Comment for "Keuntungan Menggunakan SSD Dibandingkan HDD"

|